UNTAIAN TETESAN YANG GILA

ASSALAMUALAIKUM WR. WB.

image

Gambar Stalagmit dan Stalaktit

Untuk memperlihatkan bagaimana terjadinya kimia dalam gua, kamu dapat membuat sendiri pembentukan batuan kristal (stalagmit dan stalaktit).

Sebagian besar gua terbuat dari batu kapur. Batu kapur adalah batuan yang mudah aus (terkikis) oleh air. Selama beribu-ribu tahun, larutan air dan kalsium karbonat secara lambat laun mengikis ruangan-ruangan besar dalam batuan berukuran besar sekali. Larutan yang sama menetes melalui celah-celah retakan pada atap gua. Ketika air menguap ke udara, dihasilkan karbon dioksida dan terbentuk mineral kalsit yang pada. Kalsit itu berubah menjadi endapan untaian tetesan air kapur yang membeku dan keras, yang dinamakan stalaktit, yang bergantung dari atap-atap gua. Stalagmit adalah bentukan batuan serupa, yang tumbuh dari dasar gua, karena tetesan.


Bahan dan Alat Yang diperlukan

  1. Air panas
  2. 2 bejana berukuran setengah liter
  3. Serbet
  4. 1 cangkir soda cuci
  5. Pisin bundar
  6. 3 utas tali kecil (benang)

Jalannya Percobaan

Isilah kedua bejana dengan air panas sampai hampir penuh. Masukkan dan aduk soda cuci ke dalam kedua bejana, sampai soda cuci tidak dapat larut lagi. Pakai serbet dan ikat kedua ujung dan tengahnya dengan benang. Masukkan ujung-ujung “tambang” yang kamu buat ke dalam air dalam kedua bejana, membentuk jembatan. Usahakan agar ujung tambang menyentuh dasar bejana. Taruh pisin di bawah jembatan serbet untuk menampung tetesan. Dalam waktu 3 sampai 5 hari terbentuk untaian tetesan beku.

Apa yang terjadi?

Air dan larutan soda menyerap ke atas kedua ujung tali serbet dan menetes dari tengah. Tetesan-tetessan itu berubah menjadi batang soda yang keras, dan akan bertemu di tengah. Peristiwa yang serupa terjadi di dalam gua. Akan tetapi, terjadinya endapan dalam gua berlangsung selama ratusan tahun, sedangkan tiang sodamu hanya memerlukan beberapa hari.


Mengapa?

Air merambat melalui tali serbet dengan cara mengisi semua kantung udara dalam serbet kain. Peristiwa ini disebut kapilaritas dan serupa dengan yang terjadi pada sumbu kompor minyak tanah. Soda cuci diangkut melalui “tambang” oleh air yang menetes ke bawah dari tengah-tengah tambang. Air kemudian menguap dan meninggalkan tiang soda yang mengeras. Ketika kamu memasukkan soda cuci ke dalam air dalam bejana lalu mengaduknya sampai soda cuci tidak larut lagi, kamu membuat larutan itu jenuh. Molekul-molekul larutan yang mendingin kemudian mengkristal atau menjadi keras.

Semoga Bermanfaat. Aamiin.🙂

Wassalamualaikum Wr. Wb.

 

Web Kimia Asyik

http://www.trigpss.com/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s