PENGUSIR GARAM : SEMUA BERSIH!

 

GARAM

Dapatkah kamu memisahkan garam dari es?  Dalam percobaan “Pabrik Air” kita mendidihkan air dan menyisakan garam. Dalam percobaan ini, kita akan memisahkannya untuk selama-lamanya.

Bahan dan Alat Yang diperlukan

  1. Bejana besar diisi 2 cangkir air dingin
  2. Freezer/lemari es
  3. 1 Sendok teh garam
  4. Spidol
  5. 1 Saringan kopi
  6. Air
  7. 6 buah Gelas
  8. Sendok
  9. Es

Jalannya Percobaan

Di dalam bejana, larutan garam dan air,lalu aduk dengan sendok. Tuangkan sebagian larutan air garam ke salah satu gelas [diisi ¾ nya], lalu taruh dalam lemari es. Diperlukan waktu kurang-lebih dua jam sampai es bersifat setengah beku.

Simpan sisa air garam dalam bejana. Nanti, kita akan membandingkan air ini- disebut air “Kontrol” –dengan air bebas garam.

Sambil menunggu air membeku,nomori gelas-gelas yang lain dengan angka 1, 2, 3, 4, dan 5. Tulis pada gelas nomor 1: “Bergaram” dan “Bebas Garam” pada gelas nomor 5. Ketika waktu 2 jam hampir habis, isilah gelas 2, 3, dan 4 sebanyak ¾ nya dengan air es (masukkan beberapa kubus es kedalamnya).

Langkah-langkah berikutnya harus dilakukan dengan berhati-hati, tetapi cepat, sebelum air ½ beku mencair.Taruhlah air ½ beku dari gelas dalam freezer pada kertas saringan kopi.Lipat sudut-sudut kertas saringan sehingga menjadi kantung.Lalu, celupkan secara bergiliran, ke dalam tiap gelas berisi es. Masukan es yang tersisa ke dalam gelas yang bertulisan “Bebas garam”. Tuangkan sejumlah sama banyak air garam dari bejana [air “kontrol”] ke dalam gelas nomor 1, yang di beri tulisan “Bergaram”.Sekarang, celupkan jari ke dalam kedua gelas, dan rasakan bedanya.

Apa yang terjadi?

Air yang “dicuci” rasanya kurang asin. Pisahkan semua gelasdan biarkan airnya menguap.Gelas mana yang paling banyak dan paling sedikit berisi kristal garam.

Mengapa?

Ketika air membeku, garam yang larut di dalamnya didesak ke permukaan es, lalu terpisah. Sekarang,kamu mengetahui dua cara untuk memisahkan garam dan air. Pada distilasi, kamu mendidihkan dan menguapkan air dan meninggalkan garam.Pada percobaan ini kamu mengambil garam dari air Dan meninggalkan zat cair.

Cobalah lakukan percobaan yang sama dengan air laut. Apakah menurut pendapatmu cara ini merupakan cara yang baik untuk mendapatkan air minum yang segar dan murah?

 

Semoga Bermanfaat. Aamiin.🙂

Salam Web Kimia SMK Asyik

http://www.trigpss.com/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s