SHARE APLIKASI MOBILE LEARNING

Assalamualaikum Wr. Wb

aplikasi mlearning2 

          Alhamdulilah, puji syukur kehadirat ALLAH SWT yang telah memberi kita kesehatan dan kesempatan untuk selalu berbagi dan terus berbagi. Apa kabar para sahabat guraruers Tri GP : @gurukimiaasyik? Semoga para sahabat guraruers kami sehat selalu. Aamìn J.

          Di sini saya mencoba untuk berbagi tentang “SHARE APLIKASI MOBILE LEARNING”. Aplikasi mobile learning ini bersumber dari KEMDIKBUD yang dapat kita gunakan dalam pembelajaran kita di sekolah. Mobile learning didefinisikan oleh Clark Quinn [Quinn 2000] sebagai : The intersection of mobile computing and e-learning: accessible resources wherever you are, strong search capabilities, rich interaction, powerful support for effective learning, and performance-based assessment. ELearning independent of location in time or space. Berdasarkan definisi tersebut maka mobile learning merupakan model pembelajaran yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi. Pada konsep pembelajaran tersebut mobile learning membawa manfaat ketersediaan materi ajar yang dapat di akses setiap saat dan visualisasi materi yang menarik. Hal penting yang perlu di perhatikan bahwa tidak setiap materi pengajaran cocok memanfaatkan mobile learning

          ANDROID 1 

          Istilah mobile learning (m-Learning) mengacu kepada penggunaan perangkat/divais teknologi informasi (TI) genggam dan bergerak, seperti PDA, telepon genggam, Laptop dan tablet PC, dalam pengajaran dan pembelajaran. Mobile Learning (m-Learning) merupakan bagian dari electronic learning (e-Learning) sehingga, dengan sendirinya, juga merupakan bagian dari distance learning (d-Learning).

          Beberapa kemampuan penting yang harus disediakan oleh perangkat pembelajaran m-Learning adalah adanya kemampuan untuk terkoneksi ke peralatan lain (terutama komputer), kemampuan menyajikan informasi pembelajaran dan kemampuan untuk merealisasikan komunikasi bilateral antara pengajar dan pembelajar. M-Learning adalah pembelajaran yang unik karena pembelajar dapat mengakses materi pembelajaran, arahan dan aplikasi yang berkaitan dengan pembelajaran, kapan-pun dan dimana-pun. Hal ini akan meningkatkan perhatian pada materi pembelajaran, membuat pembelajaran menjadi pervasif, dan dapat mendorong motivasi pembelajar kepada pembelajaran sepanjang hayat (lifelong learning). Selain itu, dibandingkan pembelajaran konvensional, m-Learning memungkinkan adanya lebih banyak kesempatan untuk kolaborasi secara ad hoc dan berinteraksi secara informal diantara pembelajar.

 image

Versi lengkapnya dapat diunduh dari sumber mobile learning dari m-edukasi

Klik DI SINI

ANDROID 6

Semoga bermanfaat buat sahabat guraru yang mengembangkan pembelajaran dengan menggunakan mobile learning (m-learning). Aamiin. J

 

Wassalamuaalaikum Wr. Wb.

 

Web. Kimia SMK Asyik

http://www.trigpss.com/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s