PENERAPAN MODEL PBL DENGAN MENGGUNAKAN TIK

Assalamualaikum Wr. Wb

clip_image002

Alhamdulilah, puji syukur kehadirat ALLAH SWT yang telah memberi kita kesehatan dan kesempatan untuk selalu berbagi dan terus berbagi. Apa kabar para sahabat guraruers Tri GP : @gurukimiaasyik? Semoga para sahabat guraruers kami sehat selalu. Aamìn J. Sesuai dengan tema bulan April. Saya mencoba untuk sharing tentang “Penerapan Model PBL dengan Menggunakan TIK”.

Sebelum kita bahas contoh penerapan PBL dalam pembelajaran kimia di kelas. Sedikit kita bahas apa sih PBL itu? Dari berbagai sumber dapat kami simpulkan bahwa : Pembelajaran Berbasis Proyek (PBL) adalah model pengajaran di mana siswa mendapatkan pengetahuan dan keterampilan dengan bekerja untuk jangka waktu tertentu untuk menyelidiki dan menanggapi berbagai pertanyaan, masalah, atau tantangan.

Perkembangan TIK yang begitu pesat di Abad ke-21 ini. Kita Guraru di tuntut untuk terus berupaya membangun kompetensi siswa dengan model yang digunakan yakni PBL yang sangat berguna untuk pemecahan berpikir kritis/masalah, kolaborasi, dan komunikasi, dan kreativitas/inovasi, yang diajarkan dan dinilai.

 

Penerapan PBL dengan Menggunakan TIK

Pelajaran Kimia di SMK adalah pelajaran yang di anggap suatu pelajaran yang cukup sulit untuk di pelajari, di sini saya mencoba untuk memotivasi siswa untuk mempelajari dengan memanfaatkan TIK dalam proses pembelajaran di kelas.

clip_image004

Langkah-langkah pembelajaran di kelas menggunakan model PBL

clip_image006

  • Hasil Proyek Siswa dapat di lihat di SINI

Keuntungan yang saya peroleh dari model PBL yang saya terapkan ini antara lain:

  • Terjadi proses Inkuiri : Siswa terlibat langsung dalam proses untuk mencari ilmu, proses panjang untuk mengajukan pertanyaan, menggunakan sumber daya, dan mengembangkan jawaban.
  • Rasa ingin tahu siswa semakin besar untuk mendapatkan pengetahuan, memahami konsep-konsep , dan menerapkan keterampilan dalam rangka untuk menjawab pertanyaan dan menciptakan hasil proyek, dimulai dengan kegiatan awal yang menghasilkan minat dan keingintahuan.
  • Proyek ini meliputi proses bagi siswa untuk berpikir tentang apa dan bagaimana mereka belajar.

Demikian sedikit pengalaman saya dalam penerapan model pembelajaran berbasis proyek dengan menggunakan IT. Mohon maaf atas kekurangannya dan mohon bimbingan dan arahan untuk perbaikan ke depan ya sahabat guraruers. Terima kasih.

Semoga Bermanfaat buat sahabat Guraruers. Aamiin.

 

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Tri GP : @gurukimiaasyik

http://www.trigpss.com/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s