Aplikasi Pengolahan Nilai Kurikulum 2013

By. Tri Goesema Putra S, M.Pd

         Berbicara tentang Kurikulum 2013 terutama masalah Penilaian yang dibagi 3 bagian yakni, Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap beserta dengan deskripsinya masing-masing. Hal ini membuat guru-guru di sekolah kami dikumpulkan untuk mengikuti Workshop Penilaian Kurikulum 2013. Guru-guru dan Wali Kelas X (Sepuluh) berkumpul membicarakan masalah penilaian, konversi nilai, predikat, deskripsi, hal ini membuat guru tambah bingung dengan pola penilaian yang lebih mendetal. Komentar guru, jadi banyak dong kerjanya guru nilai ada 3, ada deskripsinya lagi… ooooh pusing.

         Sebenarnya menurut saya pribadi sebagai seorang guru di SMK Negeri 1 Bangkinang Penilaian Kurikulum 2013 sangat-sangat bagus dan sangat ideal sekali dilakukan oleh “Guru yang Profesional”. Masalahnya di lapangan para guru masih banyak loh yang belum menguasai IT terutama menggunakan Komputer dalam pengolahan nilainya, khususnya program aplikasi excel.

Penilaian Kurikulum 2013

Petunjuk teknis pengisian pencapaian kompetensi peserta didik dan model rapor sekolah menengah kejuruan (SMK) dapat dilihat di Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 66 Tahun 2013 tentang Standar Penilaian Pendidikan menyebutkan bahwa hasil penilaian oleh pendidik dan satuan pendidikan dilaporkan dalam bentuk nilai dan deskripsi pencapaian kompetensi kepada orang tua dan pemerintah.

Tabel 1 : Konversi Kompetensi Pengetahuan, Keterampilan, dan Sikap

          clip_image002

Tabel 2. Konversi dari skor 1 – 100 ke 1 – 4

          clip_image004

Disinilah penulis ingin share (berbagi) kepada aplikasi pengolahan nilai Kurikulum 2013 ini kepada para guru di SMK Negeri 1 Bangkinang dan guru-guru yang menggunakan Kurikulum 2013. Aplikasi nilai ini ada nilai guru versi 1 dan nilai guru versi 2. Dalam aplikasi ini versi 1 guru tinggal menginput nilai Ulangan Harian, Ujian Tengah Semester dan UAS (Baik nilai Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap). Di Nilai Guru versi 1 ini Deskripsi langsung tergambarkan tanpa diketik. (Memakai fungsi if (Silahkan diedit sesuai dengan kebutuhan guru masing-masing).

Tampilan Aplikasi Pengolahan Nilai Kurikulum 2013

Untuk Guru Bidang Studi

          clip_image006

Dapat di download di SINI

 

Semoga Bermanfaat

Aamiin🙂

Salam Blogger : Kimia SMK Asyik

Tri GPS

6 comments

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s