PENELITIAN TINDAKAN KELAS (CLASSROOM ACTION RESEARCH)

   

 

Apakah Penelitian Tikdakan Kelas (PTK) itu ?

 

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) merupakan ragam penelitian pembelajaran yang berkonteks kelas yang dilaksanakan oleh guru untuk memecahkan masalah-masalah pembelajaran yang dihadapi oleh guru, memperbaiki mutu dan hasil pembelajaran dan mencobakan hal-hal baru pembelajaran demi peningkatan mutu dan hasil pembelajaran.

 

Berdasarkan jumlah dan sifat perilaku para anggotanya, PTK dapat berbentuk individual dan kaloboratif, yang dapat disebut PTK individual dan PTK kaloboratif. Dalam PTK individual seorang guru melaksanakan PTK di kelasnya sendiri atau kelas orang lain, sedang dalam PTK kaloboratif beberapa orang guru secara sinergis melaksanakan PTK di kelas masing-masing dan diantara anggota melakukan kunjungan antar kelas.,…… (baca selanjutnya klik disini)

BERITA DARI LEMBAGA PENELITIAN UNP 
 
Baru-baru ini, Lembaga Penelitian UNP baru saja selesai menyelenggarakan Program Kerja sama dengan Ditjen Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PMPTK). Program tersebut berbentuk kepercayaan yang diberikan kepada Lemlit UNP untuk melatih para guru SD, SMP, SMA, dan SMK sebanyak 100 orang per tahun untuk kawasan Sumatra dalam melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). 
 
Pelaksanaan penelitian dilakukan secara bertahap setiap tahunnya per wilayah. Untuk kesempatan tahun ini, wilayah yang terpilih adalah Wilayah Sumatra Barat yang dipilih secara acak dan yang terpilih adalah wilayah Pesisir Selatan, Solok, Padang Panjang, dan Pariaman. Pada tahun kedua, direncanakan Lemlit UNP sudah dapat memperluas wilayah ke daerah tetangga, seperti Propvinsi Riau, Jambi, Bengkulu. Pada tahun ketiga diharapkan sudah menjangkau wilayah-wilayah lainnya yang masih belum dijangkau. Setelah penelitian selesai, para guru membuat laporan penelitian dan kemudian dialihkan menjadi sebuah artikel yang akan dimuat di dalam Jurnal Pendidikan yang ada di UNP.

Pelaksanaan program terdiri dari beberapa aktivitas yang secara kronologis adalah seperti berikut… (baca selengkapnya klik disini)

 

LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS DAN ARTIKEL 
 

Berikut ada beberapa laporan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) penelitian lainnya dan Artikel, untuk membacanya klik judul laporan berikut:

LAPOROAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS 

 

No.
 

JUDUL LAPORAN

PENELITI


1.


Motivasi, Sikap Tehadap Mengajar dan Konsep Diri Mahasiswa FKIP Universitas Lampung tahun 2001
  


DR. Nandang Kosasih Ananda, Dosen FKIP Universitas Lampung

2.

Peningkatan Kecepatan Efektif Membaca (KEM) dengan teknik Tri Steve Snyder
 

Muhammad Sarwono, Guru Bahasa Indonesia SLTPN 3 Patebon Kabupaten Kendal, Jawa Tengah.
 

3.

Upaya Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Melalui Penerapan Teknik Skema
 

Fuad Asnawi, Guru Bahasa Indonesia SLTP Mataram, Kasihan. Kabupaten Bantul D.I. Jokyakarta
 

4.

Peningkatan Kemampuan Membuat Kalimat Bahsa Inggris
 

Andreas Suwarno, Guru Bahasa Inggris SLTPN 4 Muara Kelingi Kabupaten Musi Rawas Sumatera Selatan.
 

5.

Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa inggris Melalui Teknik KWL dan Permainan Bahasa
 

Jafrizal, Guru Bahasa Inggris SLTPN 2 Bayang-Painan Kabupaten Pesisir Selatan Sumatera Barat.
 

6.

Role Play: Suatu alternatif pembelajaran yang efektif dan menyenangkan dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa SLTP Islam Manbaul Ulum Gresik
  

Mudairin, Guru Bahasa Inggris SLTP Islam Manbaul Ulum Kabupaten Gresik Jawa Timur.


7.


Efektifitas pembelajaran Geografi melalui Metode Out Door study Dalam upaya meningkatkan minat belajar siswa
    


Ninik Widayanti, Guru SLTPN 2 Candipura, Kabupaten Lumajang Jawa Timur.


8.


Pendekatan Joyful Learning Dalam pembelajaran Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH)
       


Sri Hayati, Staf Pengajar Jurusan  Geografi, Kepala Pusat  PPKLH Lembaga Penelitian UPI

  
ARTIKEL
 


No.
 

JUDUL ARTIKEL

PENULIS


1.


Reorientasi Pengembangan Pendidikan di Era Global      


Sujarwo, M.Pd. Dosen Pendidikan Laur Sekolah FIP Universitas Negeri Yokyakarta

 

2.

Tujuh Ayat Sekolah Unggul.

A. Chaedar Al Wasilah. Guru Besar Universitas Pendidikan Indonesia Bandung.
 

3.

Kebebasan Mimbar Aademik
Dalam Lingkup Kebebasan Akademik

Prof. Dr. Fuad Hassan (mantan Mendiknas) dari Fakultas Psikologi.
 

4.

Otonomi Pendidikan

Dr. Marihot Manullang

5.

Membangun Kemampuan Manajemen Pendidikan Melalui Pemanfaatan Teknologi Komunikasi dan Informasi Dalam Rangka Otonomi Daerah dan Otonomi Pendidikan  
 

Prof. Dr. Aziz Wahab, M.A, (Ed).Direktur Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

6.

Kepemimpinan Kepala Sekolah
(Di Era Otonomi Pendidikan)

Prof Suyanto PhD, Rektor Universitas Negeri Yogyakarta, Ketua Tim Komite Reformasi Pendidikan.
 

7.

Anak-anak Karbitan

Dewi Utama Faizah (bekerja di Direktorat Pendidikan TK dan SD Ditjen Dikdasmen, Depdiknas, Program Director untuk Institut Pengembangan Pendidikan Karakter divisi dari Indonesia Heritage Foundation.  
 

8.

Jujurkah Dunia Pendidikan Kita ?

D. Kemalawati (Guru SMK Banda Aceh)
 

9.

Belajar Kejujuran di Sekolah

Tabrani Yunis (Director
Center for Community Development and Education (CCDE)
 

10.

Bila Guru Mau Menulis

Tabrani Yunis (Director
Center for Community Development and Education (CCDE)

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s