Mengenai Kimia

MENGENAI KIMIA

Kimia (dari bahasa Arab كيمياء “seni transformasi” dan bahasa Yunani χημεία khemeiaalkimia“) adalah ilmu yang mempelajari mengenai komposisi dan sifat zat atau materi dari skala atom hingga molekul serta perubahan atau transformasi serta interaksi mereka untuk membentuk materi yang ditemukan sehari-hari. Kimia juga mempelajari pemahaman sifat dan interaksi atom individu dengan tujuan untuk menerapkan pengetahuan tersebut pada tingkat makroskopik. Menurut kimia modern, sifat fisik materi umumnya ditentukan oleh struktur pada tingkat atom yang pada gilirannya ditentukan oleh gaya antaratom .

Kimia berhubungan dengan interaksi materi yang dapat melibatkan dua zat atau antara materi dan energi, terutama dalam hubungannya dengan hukum pertama termodinamika. Kimia tradisional melibatkan interaksi antara zat kimia dalam reaksi kimia, yang mengubah satu atau lebih zat menjadi satu atau lebih zat lain. Kadang reaksi ini digerakkan oleh pertimbangan entalpi, seperti ketika dua zat berentalpi tinggi seperti hidrogen dan oksigen elemental bereaksi membentuk air, zat dengan entalpi lebih rendah. Reaksi kimia dapat difasilitasi dengan suatu katalis, yang umumnya merupakan zat kimia lain yang terlibat dalam media reaksi tapi tidak dikonsumsi (contohnya adalah asam sulfat yang mengkatalisasi elektrolisis air) atau fenomena immaterial (seperti radiasi elektromagnet dalam reaksi fotokimia). Kimia tradisional juga menangani analisis zat kimia, baik di dalam maupun di luar suatu reaksi, seperti dalam spektroskopi.

sejarah kimia


Akar ilmu kimia dapat dilacak hingga fenomena pembakaran. Api merupakan kekuatan mistik yang mengubah suatu zat menjadi zat lain dan karenanya merupakan perhatian utama umat manusia. Adalah api yang menuntun manusia pada penemuan besi dan gelas. Setelah emas ditemukan dan menjadi logam berharga, banyak orang yang tertarik menemukan metode yang dapat merubah zat lain menjadi emas. Hal ini menciptakan suatu protosains yang disebut Alkimia. Alkimia dipraktikkan oleh banyak kebudayaan sepanjang sejarah dan sering mengandung campuran filsafat, mistisisme, dan protosains.

Alkimiawan menemukan banyak proses kimia yang menuntun pada pengembangan kimia modern. Seiring berjalannya sejarah, alkimiawan-alkimiawan terkemuka (terutama Abu Musa Jabir bin Hayyan dan Paracelsus) mengembangkan alkimia menjauh dari filsafat dan mistisisme dan mengembangkan pendekatan yang lebih sistematik dan ilmiah. Alkimiawan pertama yang dianggap menerapkan metode ilmiah terhadap alkimia dan membedakan kimia dan alkimia adalah Robert Boyle (1627–1691). Walaupun demikian, kimia seperti yang kita ketahui sekarang diciptakan oleh Antoine Lavoisier dengan hukum kekekalan massanya pada tahun 1783. Penemuan unsur kimia memiliki sejarah yang panjang yang mencapai puncaknya dengan diciptakannya tabel periodik unsur kimia oleh Dmitri Mendeleyev pada tahun 1869.

Penghargaan Nobel dalam Kimia yang diciptakan pada tahun 1901 memberikan gambaran bagus mengenai penemuan kimia selama 100 tahun terakhir. Pada bagian awal abad ke-20, sifat subatomik atom diungkapkan dan ilmu mekanika kuantum mulai menjelaskan sifat fisik ikatan kimia. Pada pertengahan abad ke-20, kimia telah berkembang sampai dapat memahami dan memprediksi aspek-aspek biologi yang melebar ke bidang biokimia

belajar kimia

 

Kimia kerap dimusuhi oleh semua siswa. banyak anak yang menganggap pelajaran kimia sama halnya dengan pelajaran matematika, bahkan lebih sulit dari matematika. Bagaimana tidak ? Dalam kimia memang terdapat banyak sekali hitungan juga teori yang harus dikuasai .

Eit , tapi jangan putus asa dulu dalam hal belajar kimia karena kimia bukan berarti pelajaran yang ga bisa ditaklukan. Buktinya, siswa siswi sma negeri 1 ciamis selalu menjuarai event event atau lomba – lomba yang berkaitan dengan mata pelajaran ini. Misalnya saja pada pelaksanaan olimpiade science nasional. Hampir setiap tahun, perwakilan kabupaten ciamis seluruhnya dari sma negeri 1 ciamis. Sebuah prestasi yang sangat membanggakan.

Melihat kondisi di atas, terbukti bahwa kimia bukan lah pelajaran yang terlalu rumit, tidak pula bisa dianggap sepele. Kimia tidak berkutat dengan angka – angka yang rumit seperti matematika dan teori nya pun sebenarnya mudah di mengerti , asalkan kita sungguh dalam mempelajarinya.


 

 

 

 

 

 

 

Berikut beberapa tips agar kita lebih mudah dalam belajar kimia :

  1. Bersungguh sungguh dan berniat bahwa kita memang ingin bisa pelajaran ini. Semua pekerjaan yang kita kerjakan, tergantung niat nya.
  2. Poin – poin yang menjadi kunci dalam pelajaran kimia. Misalnya, untuk semua stoikiometri , kunci nya adalah mol. Jadi kita harus menguasai mol.
  3. Dalam hal menghafal teori, kita bisa terapkan atau umpamkan dalam kehidupan sehari – hari. Biasanya deretan teori ini dibentuk dalam sebuah kalimat yang mudah untuk diingat. Misalnya dalam menghafal unsur – unsur dalam sistem periodik, deret volta ,dll
  4. Trik lain nya dalam menghafal teori kimia yaitu dengan membuat singkatan – singkatan pendek yang mudah diingat. Misalnya dalam : anoks katred ( anoda oksidasi , katoda reduksi ), vocil mocil ( volume kecil , mol kecil ).

Belajar Kimia ASYIK

 

Belajar Kimia akan lebih mengasyikkan jika dengan lagu,,

POLIMER

(Nyanyikan seperti lagu SMS oleh Nita Amelia)

 

Bang polimer apakah ini bang

Kok rumusnya pakai sama dengan

Bang apa itu satuan ulang

Kok ikatan rangkap harus hilang

Bang melamin apa teflon ya bang

Kok warnanya bisa macam-macam

Bang kalau marah jangan dibuang

Karna itu harganya ya mahal

Kalau polimer saja

Aku memang ya bisa

Tapi kalau sifatnya

Susah ku menghafalnya

Polimer isoprena

Polimer etilena

Polimer stirena

Polivinil Klorida

Kalau tentang rumusnya

Aku memang jagonya

 

BENZENA

( Lagu Surat Cinta oleh Vina Panduwinata)

Benzena dan turunannya

Segudang ya banyaknya

Hanya mengganti gugusnya

Jadilah turunannya

Benzena beresonansi

Hingga terdelokalisasi

Dengan elektron yang ada

Rangkapnya berbeda

Alkil, fenil, bromida

Gantikan gugusnya.

Orto ada di satu dua

Meta ada di satu tiga

Para ada di satu empat

Itulah tadi isomer….benzena…

Du…du…du….

SIFAT KOLIGATIF LARUTAN

(Tulus oleh : Raja)

Sukrosa dan juga glukosa

Akan miliki koligatif sama

Karena mereka kan tetap kadarnya

Tak jadi ionnya

Beda dengan larutan lain

Ia kan mampu untuk di-ionin

Partikelnya bertambah jadi yang lain

Lalu dirumusin

Turunnya tekanan si uap larutan

Naik titik didih sesuai rumusan

Turunnya juga titik beku larutan

Serta timbul tekanan osmosis

SENYAWA TURUNAN ALKANA

( Naluri Lelaki oleh samsons)

 

Aku adalah alkohol

Yang selalu punya gugus fungsi OH

Aku adalah alkanon

Yang selalu punya gugus fungsi CO

Aku adalah aldehid

Yang punyai nama alias alkanal

Aku asam karboksilat

Yang punya alias asam alkanoat

Tolong hafalan eter

Tolong hafalkan ester

Tolong hafalkan semua

Agar kamu terbiasa

Agar amu nanti bisa

Agar kamu merasakan hasilnya

Isomerku sebagai alkanal

Berisomer fungsional

Terhadap alkanon yang terkenal

Isomerku sebagai alkanol

Berisomer fungsional

Terhadap dioksi alkana

 

 

2 comments

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s